photography..my another passion!

foto??siapa yang tidak suka difoto..kamera?siapa yang tidak bisa menggunakan kamera digital?

dengan teknologi terbaru dan tercanggih, semua orang bisa menggunakan kamera yang ada saat ini. kemudahan diberikan kepada setiap insan yang ingin mempelajari dunia fotografi.

kamera sendiri dibagi menjadi tiga jenis. yaitu pocket cam, proshummer dan digital single lens reflection (DSLR). kamera jenis pertama mungkin sudah banyak digunakan orang karena harganya yang sangat terjangkau, dengan kocek sedalam 1jutaan saja anda sudah bisa membeli dan menggunakan kamera tersebut. kategori kedua mungkin digunakan untuk mereka yang mencitai fotografi dan ingin mempelajarinya. namun, dilihat dari segi harga lebih baik jika kita membeli kamera DSLR untuk pemula.

kamera DSLR sendiri memiliki kemampuan yang jauh lebih mapan dibanding dua jenis kamera lainnya. saya sendiri baru mulai menyentuh kamera saat seorang teman saya baru membeli Nikon D80, dan kemudian seorang teman saya yang lainnya mengenalkan saya dengan canon 350D.

saya pun pada awalnya tidak berani untuk memiliki hobby memotret. mengingat biaya untuk hobby ini sangatlah besar. namun, kesempatan dan rejeki memang tidak kemana. taun lalu saya ditugaskan untuk mengambil gamar di sebuah event olah raga internsional Djarum indonesia Open Super Series 2008 di jakarta. saya yang baru membeli dan memegang kamera secara penuh dua hari sebelumnya dipaksa untuk bisa memegang sebuah kamera yang semi profesional.

mungkin jiwa otodidak saya keluar saat saya memegang kamera, beberapa jepretan saya pun akhirnya “mejeng” di sebuah tabloid olah raga, dan taun ini saya sudah resmi jadi seorang fotografer untuk sebuah majalah bulutangkis yang saya rintis bersama 6 rekan saya yang lain.

entahlah, saya tidak pernah berfikir untuk bisa terjuan sejauh ini dalam fotografi. beberapa event dan acara pun pernah saya jambangi hanya untk jadi seorang tukang jepret. walaupun saya belum pernah mendapatkan prestasi dari hobby saya ini, tapi hobby ini telah memberikan pelajaran-pelajaran berharga bagi saya.

saya pun teringat perkataan seorang teman tentang what is a perfect job?

and she said that perfect job is when you do something that you love and get paid without knowing it was your job because you just do you hobby.

yah..mungkin jika kelak saya ditakdirkan untuk mendapatkan pekerjaan dan uang dari hobby saya ini, mungkin inilah pekerjaan paling sempurna buat saya.

foto pun telah mengantar saya ke beberapa tempat dan bertemu beberapa orang hebat di Indonesia. bertemu dengan banyak orang, saya sangat suka bertemu orang banyak, apalagi berada diantara orang hebat.

bang yos, adhyaksa dault, andi malarangeng, taufik hidayat, jajaran atlet bulutangkis dunia, peraih medali emas olimpiade, wartawan-wartawan senior, bertemu atlet idola saya sedari kecil, bahkan akhirnya saya bisa merintis sebuah media untuk bulutangkis.

suatu hal yang mungkin tidak akan pernah saya dapatkan jika saya tidak mendalami fotografi dan tidak mendalami dunia jurnalistik.

foto telah membawa saya membelah pulau jawa. merefleksikan semua yang saya lihat di berbagai daerah. mulai dari pantai utara, ibu kota jakarta, kota pejuang, kota gudeg telah saya jelajah hanya dengan bermodal kamera 400D kesayangan saya. moment-moment perkuliahan, sidang pun tak luput dari kamera saya, membantu teman membuat cover album terbarunya, membuat pra wedding, membuat semua foto serius sampai foto tak berkonsep dan cenderung konyol telah menjadi bagian hidup saya dengan fotografi.

photography is my another passion. yes it does..

sebuah ketidaksengajaan telah membawa saya ke sesuatu yang serius untuk saya tekuni dimasa yang akan datang. sebuah hobby yang tidak pernah saya tau bahwa hal ini akan membawa saya ke mana-mana.

koleksi beberapa foto saya bisa dilihat di flickr. tinggal di klik disini untuk melihat koleksi jepretan saya.

adioss.

semoga ini menjadi inspirasi anda untuk terus menekuni hobby yang ada tekuni saat ini.

salam jepret!!

~ by Ira Ratnati on July 7, 2009.

3 Responses to “photography..my another passion!”

  1. ira keren! bayangkan saja seorang cewe berperawakan kecil, mempunyai hobi yang cukup berat dan ga biasanya seorang cewe mempunyai hobi seperti itu!!!
    ga biasanya itu gara-gara dia harus bawa kesana kemari kamera yang cukup berat,tripod yang panjang!halah…..halah…..
    biasanya kan cewe-cewe sekarang tuh (apalagi cewe bandung)lebih seneng dan mempunyai hobi “ngabisin duit” hobinya, tapi cewe satu ini malahan berbeda dari yang lainnya! salut buat ira, dia bisa mencari duit dengan hobinya! sukses selalu buat kamu!

  2. Like this!
    nice photos,,
    gw jUuga pngen jDi photographer.. sjauh ini bru jaLan” dan motret-motret ngga jeLas,,
    hihihi
    *curcol :p

Leave a Reply

 
